Terinspirasi dari pengalaman pribadi yang saya alami mempunyai almarhum ayah mertua diusia 78 tahun yang masih berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sampai dengan akhir hayatnya...

 

Saya ingin membagi kisah seorang nenek "Suginah" nenek suginah yang sudah menjanda selama 26 tahun, dan usianya yang sudah beranjak 76 tahun, di usai yang sudah tidak produktif lagi nenek suginah masih harus mengurus dua orang cucunya yang berusia 13 tahun (Rusdiana), 17 tahun (Joshua) dimana kedua cucunya tersebut seorang anak yatim piatu, dan nenek suginah harus berjuang merawat kedua cucunya yang tinggal disebuah rumah kontrakannya tepatnya di jalan beringin 6 Rt. 06 Rw. 04 kranji Bekasi Barat.

 

Nenek suginah mempunyai 7 orang anak dimana ketiga orang anaknya sudah meninggal dunia dan keempat orang anak yang ada sudah meninggalkannya (merantau) sehingga nenek suginah hanya tinggal bertiga dengan kedua cucunya. Dengan tekanan hidup yang dialaminya terpaksa nenek suginah harus berjuang diusianya yang sudah 76 tahun, dimana perjuangan nenek suginah harus mengumpulkan sampah (pemulung) demi memenuhi kebutuhan hidupnnya bersama dengan kedua cucunya, perjuangan nenek suginah bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, melainkan harus membayar biaya sekolah kedua cucunya dan biaya sewa kontrakannya.

 

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui seberapa besarnya beban nenek suginah diusianya yang sudah senja, nenek suginah tidak pernah lelah dengan apa yang dikerjakannya, lelah fisik dan batin yang dialaminya sebagai seorang janda dan sebagai seorang pengumpul sampah tidak membuat nenek suginah harus putus asa mendapatkan rejeki dan menyerah harus meminta kepada orang lain (mengemis).

 

Semoga saja nenek suginah di usianya yang sudah tidak muda lagi tetap diberikan kesehatan dan umur yang panjang dan rejeki yang berlimpah... Aamiin allahuma aamiin

Posted Date : 19 Oct 2016 08:45:00 WIB

Tinggalkan Komentar Anda

Back to Charity